Ciri-ciri ekonomi Islam

CIRI-CIRI EKONOMI ISLAM

Oleh; Amrullah

Ekonomi islam mempunyai ciri-ciri khusus adalah sebagai berikut :

A.Ekonomi Islam merupakan bagian dari system Islam yang menyeluruh.

Hal terpenting yang membedakan ekonomi Islam adalah hubungannnya yang sempurna dengan agama Islam, baik sebagai akidah maupun Syari’at. Mempelajari ekonomi Islam tidak dapat terlepas dari akidah dan syari’at Islam karena system ekonomi Islam merupakan bagian dari syari’at Islam serta berhubungan dengan akidah sebagai dasar.

Hubungan ekonomi Islam dengan akidah dan Syari’at Islam itulah yang menyebabkan kegiatan ekonomi dalam Islam berbeda dengan system ekonomi lainnya.

B.Ekonomi Islam merealisasikan Keseimbangan antara Kepentingan Individu dan Kepentingan Masyarakat.

Ekonomi Islam tidak merumuskan, individu dalam usaha merealisasikan kepentingan sebenarnya selalu merealisasikan kepentingan orang banyak, dan juga tidak pula meninggalkan kepentingan individu. Dengan kata lain Islam mengakui kepentingan pribadi dan kepentingan masyarkat selama tidak ada pertentangan antara keduanya. Contoh tentang hak milik, Islam mengakui ada milik pribadi, juga masih mengakui hak orang banyak. Jika terjadi pertentangan antara pribadi dan masyarakat, dan tidak mungkin dipertemukan keduanya maka Islam mendahulukan kepentingan masyarakat umum dari pada kepentingan pribadi.

Leave a comment